Home About Us Our Product Articles Our Clients Contact Us Chat WhatsApp

Brightness Tester untuk Cat

Brightness Tester untuk Cat

Brightness Tester untuk Cat


Cat adalah produk yang digunakan untuk melindungi dan memperindah (protective & decorative) suatu objek atau permukaan dengan melapisinya menggunakan suatu lapisan berpigmen maupun tidak berwarna (pernis). Cat dapat digunakan pada hampir semua jenis objek, antara lain untuk menghasilkan karya seni (oleh pelukis untuk membuat lukisan), salutan industri (industrial coating), bantuan pengemudi (marka jalan), atau pelindung (untuk mencegah korosi atau kerusakan oleh air). Sebagai pelapis dekoratif, cat dapat digunakan untuk memperindah atau mengubah penampilan suatu permukaan. Sedangkan sebagai pelapis protektir, cat dapat digunakan untuk memberikan perlindungan dari sinar ultraviolet, goresan, jamur, dan faktor-faktor pelapuk lainnya.

Secara umum, bahan baku cat terdiri dari 4 bagian, yaitu:

Binder
Komponen pokok dalam cat yang berfungsi sebagai bahan perekat yang akan merekatkan lapisan cat pada media, bahan binder juga berperan membangun karakteristik lapisan cat atau coating.

Solven
Bahan pelarut yang berfungsi untuk melarutkan bahan bahan utama seperti binder, filler/ pigment, dan additive. Bahan solvent juga digunakan sebagai bahan mengencerkan cat sebelum di aplikasikan ke barang.

Pigment/filler
Bahan pengisi yang berfungsi sebagai komponen utama pembentuk lapisan cat serta sebagai bahan pewarna untuk menciptakan tampilan warna lapisan film cat. Kombinasi jenis dan komposisi bahan filler yang baik akan menciptakan sifat daya tutup cat yang baik.

Aditif
Bahan tambahan untuk menjadikan cat mudah di aplikasikan dan hasilnya sesuai dengan keinginan.

Hal yang menarik dari cat adalah warnanya. Hal sederhana dari fungsi warna dalam suatu ruangan adalah memberikan nilai estetika, keindahan, serta menghilangkan kesan kusam dan tidak terawat. Suatu ruangan yang didesain dengan menggunakan warna-warna tertentu, akan terlihat jauh lebih indah daripada sebuah ruangan yang tidak diberi warna. Cat dibuat warna warni untuk memenuhi kebutuhan desain baik interior maupun eksterior. Pada dasarnya warna cat dasar adalah putih, kemudian ditambahkan zat pewarna lain untuk menghasilkan warna cat yang diinginkan. Dengan adanya metode tinting, bahkan kita bisa mendapatkan warna cat yang beragam tidak hanya warna dasar pelangi. Dengan komposisi pewarna RGB yang tepat, hasil tinting akan sesuai dengan keinginan kita.

Setiap warna memiliki nilai, makna dan fungsi yang erat secara psikologis. Menurut psikologi warna, pewarnaan erat kaitannya dengan kondisi psikologis seseorang. Pilihan warna bisa memengaruhi tubuh, pikiran, emosi, dan keseimbangan ketiganya pada diri manusia. Misal, warna biru kerap diasosiasikan dengan warna langit atau lautan yang memberikan efek menenangkan dan membawa perasaan damai. Warna biru gelap akan menstimulasi pemikiran yang jernih, sementara warna biru muda akan membantu meningkatkan konsentrasi. Merah merupakan warna yang membuat sebuah objek tampak lebih dekat dari jarak sebenarnya, memberikan suasana hangat dalam ruangan, tetapi warna ini juga cenderung meningkatkan agresivitas. Kuning adalah warna yang dapat memberikan perasaan ceria dan optimis. Hijau membawa kesan menyegarkan karena identik dengan alam dan tumbuhan yang memberikan rasa aman, keseimbangan, dan harmoni. Putih memberikan kesan luas dan lapang ke dalam ruangan. Hitam menghadirkan kesan mewah dan elegan dalam ruangan. Cokelat menibulkan kesan serius, tetapi sangat lembut dan hangat.

Untuk mengukur tingkat kecerahan warna cat, kita dapat menggunakan alat Brightness Meter. Alat ini mudah digunakan dan memberikan hasil yang akurat. Alat ini menentukan tingkat kecerahan cat dengan mengukur intensitas pantulan cahaya yang disebarkan pada skala 100. Tingkat kecerahan permukaan yang benar-benar hitam ditentukan oleh pengukur sebagai 1. Alat ini memenuhi standar ISO 2470 dan ISO 3688.

Jika anda sedang membutuhkan Brightness Tester untuk Cat, silahkan hubungi Sales Representative kami pada kontak di bawah. Kami akan merekomendasikan alat yang cocok untuk kebutuhan di tempat anda.

CV. MEALABS INDONESIA
Jln. Pondok Kelapa Raya Blok G1 No. 3D, Kel. Pondok Kelapa,
Kec. Duren Sawit, Jakarta Timur, DKI Jakarta 13450
0811-1720-047 (Whatsapp dan Telpon)
021-8694 1748 (Telpon)
sales@mealabs.com

signature
Back to top
banner