Home About Us News Artikel Contact Us Chat Whatsapp Live

Pellet Hardness Tester KQ-3 / KQ-5 untuk Uji Kekerasan Pakan Ayam

Pellet Hardness Tester KQ-3 / KQ-5 untuk Uji Kekerasan Pakan Ayam

Pellet Hardness Tester KQ-3 / KQ-5 untuk Uji Kekerasan Pakan Ayam


Bagi peternak unggas terutama ayam, tentu sudah tidak asing dengan pakan. Pada dasarnya ayam adalah hewan omnivora. Dia bisa memakan apapun yang ditemuinya dan dianggapnya sebagai makanan. Namun dalam dunia peternakan, tentu pemberian pakan pada ayam tidak bisa sembarangan. Pertumbuhan ayam sangat dijaga, termasuk kesehatannya karena akan menghasilkan kualitas daging ayam yang perlu dijaga. Maka dari itu, pemilihan pakan ayam pun memiliki standar tersendiri. 

Pakan ayam yang biasa digunakan adalah berbentuk pelet produksi feed mill yang terbuat dari sayuran, kunyit, dedak, vitamin, tepung ikan, kedelai, jagung, bekatul, dan air bersih. Pelet diproses dari bahan makanan yang melalui proses penggilingan serta pemadatan. Pelet sangat umum digunakan sebagai makanan untuk ikan atau ayam dan sangat diminati oleh peternak ayam karena harganya yang murah.

Namun, apakah anda sudah mengetahui bahwa pelet itu harus memiliki kekerasan sesuai standar? Ya. Pelet harus diukur kekerasannya karena berkaitan dengan dua hal. Jika pelet terlalu keras maka akan berimbas ke pencernaan ternak terutama ayam dan akan menghasilkan kualitas daging ayam yang kurang baik karena ayam membutuhkan energi yang cukup besar untuk mencerna pakan tersebut. Dan sebaliknya jika pelet terlalu rapuh maka akan berimbas ke kualitas penyimpanan pelet tersebut. Pelet akan mudah hancur jika terlalu rapuh. Tentu itu kondisi yang kurang disukai oleh peternak.

Pengujian kekerasan pelet bisa menggunakan pellet hardness tester tipe KQ-3 atau KQ-5. Pengujian kekerasan pelet menggunakan sampling 30 - 50 pcs untuk mendapatkan nilai rata-rata. Pelet ditempatkan pada bejana kecil seperti mangkuk berbahan plastik, kemudian alat akan menekan pelet tersebut dari atas. Pellet Hardness Tester KQ-3 / KQ-5 akan mengukur tingkat kekerasan berdasarkan besarnya gaya yang dibutuhkan menekan pelet tersebut sampai kondisi ideal. Kenapa disebut kondisi ideal? Karena ketika pelet tertekan sampai hancur, alat ini akan menganggap itu pengukuran gagal dan tidak akan direkam karena nilai yang terukur sudah di luar ambang batas. Anda juga dapat mendata berapa banyak pelet yang hancur pada saat sampling dan menginputnya pada data statistik anda untuk menganalisa berapa banyak kemungkinan produk yang reject dalam setiap batch produksi.


Jika anda sedang membutuhkan Pellet Hardness Tester KQ-3 / KQ-5 untuk Pakan Ayam, silahkan hubungi Sales Representative kami pada kontak di bawah. Kami akan merekomendasikan alat yang cocok untuk kebutuhan di tempat anda.

CV. MEALABS INDONESIA
Jln. Pondok Kelapa Raya Blok G1 No. 3D, Kel. Pondok Kelapa,
Kec. Duren Sawit, Jakarta Timur, DKI Jakarta 13450
0823-9918-5261 (Whatsapp dan Telpon)
021-8694 1748 (Telpon)
yogo@mealabs.com

signature
Next
This is the current newest page
Previous
Next Post »
Back to top
banner