Home About Us News Artikel Contact Us Chat Whatsapp Live

Ultrasonic Thickness Gauge untuk Kaca

Ultrasonic Thickness Gauge untuk Kaca

Ultrasonic Thickness Gauge untuk Kaca


Kaca adalah salah satu produk industri kimia yang paling akrab dengan kehidupan kita sehari-hari. Dipandang dari segi fisika kaca merupakan zat cair yang sangat dingin. Disebut demikian karena struktur partikel-partikel penyusunnya yang saling berjauhan seperti dalam zat cair namun dia sendiri berwujud padat. Kaca berasal dari pasir silika atau pasir kuarsa yang mengandung besi tidak lebih dari 0,45 persen untuk pecah belah dan 0,015 persen untuk kaca optik. Sebab kandungan besi dapat merusak warna kaca. Kaca dicampur dengan sodium oksida dan kalsium oksida atau kapur. Kaca alami tersebut terbuat ketika peristiwa alam yang melibatkan suhu tinggi terjadi, misalnya aktivitas vulkanik, sambaran petir, hingga meteorit. Peristiwa tersebut menyebabkan jenis batuan tertentu meleleh, melebur, dan mendingin dengan cepat. Proses tersebut membuat kaca alami terbentuk. Kaca adalah material yang rapuh, ia juga konduktor panas yang buruk. Perubahan suhu yang mendadak akan memberikan tekanan pada kaca, yang akhirnya menyebabkan retakkan, bahkan hingga meledak

Kaca memiliki peran yang sangat penting dalam konstruksi bangunan. Hampir seluruh bangunan yang ada pasti mempunyai kaca. Secara umum, fungsi dari kaca tentunya untuk membuat ruangan Anda menjadi tidak gelap dan membiarkan cahaya alami dari matahari bisa masuk ke dalam dengan mudah. Penggunaan kaca sebagai material konstruksi memiliki beberapa kelebihan, di antaranya: Daya tahan yang baik karena kaca tidak terpengaruh dengan cairan pembersih dan bahan kimia lainnya. Mudah dibersihkan sehingga dapat menghemat waktu untuk membersihkannya. Mampu memaksimalkan pemandangan di luar ruangan. Selain untuk konstruksi bangunan, kaca juga digunakan untuk kacamata, kaca las, partisi kaca, pintu kaca, kanopi, gorden, cermin, peralatan rumah tangga, dan lain-lain. Bagaimanakah proses pembuatan kaca? Kurang lebih terdapat 10 tahap yang harus dilakukan untuk mengolah bahan-bahan di atas menjadi sebuah material kaca yang siap pakai, yaitu:
- Penyiapan Pasir Kuarsa
- Penambahan Natrium Karbonat dan Kalsium Oksida
- Penambahan Bahan-bahan Kimia Tertentu
- Penambahan Bahan Kimia Pemberi Warna
- Persiapan Proses Pembuatan Kaca
- Pemasakan Bahan Menjadi Cairan
- Penyeragaman Cairan Kaca dan Gelembung
- Pencetakan Cairan Kaca di Blok Khusus
- Pendinginan Kaca dengan Cepat
- Pembersihan Kaca dan Penyempurnaan

Jenis-jenis kaca yang beredar di pasaran antara lain kaca polos, kaca es, kaca cermin, kaca warna, kaca tempered, kaca laminated, dan kaca patri. Ukuran standar kaca dibuat bervariasi dengan standar tertentu untuk mengikuti kebutuhan pasar. Ketebalan kaca juga bervariasi yang umumnya berkisar antara 2mm - 15mm. Bagaimana cara mengukur ketebalan kaca? Pada bagian pinggir, kita dapat mengukur ketebalan kaca dengan mistar, meteran, atau pakai sigmat/jangka sorong. Sementara pada bagian tengah kaca yang mana tidak dapat dijangkau oleh alat ukur biasa, kita dapat menggunakan alat yang namanya Ultrasonic Thickness Gauge atau bisa juga menggunakan Magnetic Ball Thickness Gauge.

Prinsip kerja Ultrasonic Thickness Gauge dalam mengukur ketebalan kaca adalah dengan memancarkan gelombang ultrasonik melalui probe yang dihantarkan dari alat menuju permukaan kaca dengan bantuan couplant sebagai isolator gelombang. Gelombang akan terpantul kembali ke probe ketika bertemu dengan ruang hampa. Kecepatan gelombang atau yang disebut velocity dari gelombang tersebut untuk kembali ke probe akan dikonversi oleh alat menjadi ketebalan kaca tersebut. Ultrasonic Thickness Gauge sangat berguna untuk inspeksi lapangan dan pengumpulan data apakah ketebalan kaca stabil atau berfluktuasi dari ujung ke ujung. Sementara prinsip kerja alat Magnetic Ball Thickness Gauge adalah menggunakan prinsip Efek Hall.

Jika anda sedang membutuhkan Ultrasonic Thickness Gauge untuk Kaca, silahkan hubungi Sales Representative kami pada kontak di bawah. Kami akan merekomendasikan alat yang cocok untuk kebutuhan di tempat anda.

CV. MEALABS INDONESIA
Jln. Pondok Kelapa Raya Blok G1 No. 3D, Kel. Pondok Kelapa,
Kec. Duren Sawit, Jakarta Timur, DKI Jakarta 13450
0823-9918-5261 (Whatsapp dan Telpon)
021-8694 1748 (Telpon)
yogo@mealabs.com

signature
Back to top
banner