Home About Us News Artikel Contact Us Chat Whatsapp Live

Ultrasonic Thickness Gauge untuk Pipa PVC

Ultrasonic Thickness Gauge untuk Pipa PVC

Ultrasonic Thickness Gauge untuk Pipa PVC


Pipa PVC (PolyVinyl Chloride) adalah pipa yang sangat populer di dunia. Kelebihan dari pipa ini adalah ringan dan kuat, tidak mudah terkena korosi air karena terbuat dari plastik. Pipa PVC selalu menjadi pilihan utama bagi proyek-proyek perumahan di seluruh Indonesia. Pipa ini juga dipakai untuk saluran kamar mandi, pembuangan dapur, pembuangan kloset, dan lain-lain. Pemasangannya hanya menggunakan lem perekat sehingga pipa PVC lebih banyak dipilih ketimbang pipa besi yang harus dilas.

Beberapa kelebihan dari pipa PVC yaitu pipa PVC mempunyai prosedur pemasangan yang lebih mudah dibandingkan pipa besi, pipa PVC tahan terhadap bahan kimia tertentu seperti alkali dan beberapa senyawa kimia lainnya, pipa PVC tidak menghantarkan nyala api apabila terbakar, serta memiliki permukaan yang licin sehingga aliran cairan di dalamnya dapat berjalan dengan lancar.

Pipa PVC dibuat dengan ketebalan yang beragam sesuai dengan aplikasinya. Untuk skala rumah tangga biasanya tersedia dengan ketebalan 1 - 2 mm, dan untuk skala industri dibuat lebih tebal. Ketebalan ini didesain untuk membuat pipa PVC tersebut tahan terhadap benturan sehingga tidak mudah penyok, juga untuk mempertahankan bobotnya yang tidak boleh terlalu berat. Ketebalan pipa PVC dapat diukur menggunakan sigmat / jangka sorong pada ujung pipa. Sementara pada bagian tengah pipa, dapat menggunakan alat Ultrasonic Thickness Gauge. Prinsip kerja UTG adalah dengan memancarkan gelombang ultrasonik melalui probe yang dihantarkan dari alat menuju pipa dengan bantuan couplant sebagai isolator gelombang. Gelombang akan terpantul kembali ke probe ketika bertemu dengan ruang hampa. Kecepatan gelombang atau yang disebut velocity dari gelombang tersebut untuk kembali ke probe akan dikonversi oleh alat menjadi ketebalan pipa. UTG sangat berguna untuk inspeksi lapangan dan pengumpulan data apakah ketebalan pipa stabil atau berfluktuasi dari ujung ke ujung.

Jika anda sedang membutuhkan Ultrasonic Thickness Gauge untuk Pipa PVC, silahkan hubungi Sales Representative kami pada kontak di bawah. Kami akan merekomendasikan alat yang cocok untuk kebutuhan di tempat anda.

CV. MEALABS INDONESIA
Jln. Pondok Kelapa Raya Blok G1 No. 3D, Kel. Pondok Kelapa,
Kec. Duren Sawit, Jakarta Timur, DKI Jakarta 13450
0823-9918-5261 (Whatsapp dan Telpon)
021-8694 1748 (Telpon)
yogo@mealabs.com

signature
Back to top
banner