Home About Us News Artikel Contact Us Chat Whatsapp Live

Magnetic Ball Thickness Gauge untuk Botol Kaca

Magnetic Ball Thickness Gauge untuk Botol Kaca

Magnetic Ball Thickness Gauge untuk Botol Kaca


Industri kemasan terus berkembang dari masa ke masa. Berbagai bahan telah digunakan untuk menciptakan kemasan mulai dari plastik, aluminium, kertas, kayu, kaca, dan lain-lain. Hal itu dilakukan untuk memenuhi berbagai kebutuhan penyempurnaan dari kemasan-kemasan yang sudah ada. Kertas digunakan karena bahannya ringan tetapi tidak tahan lama, mudah rusak dan kurang ramah lingkungan karena kertas dibuat dari serat kayu. Plastik digunakan karena ringan, lebih awet, tidak mudah rusak, harganya murah tetapi menjadi tidak ramah lingkungan karena bila tercecer di alam akan sulit terurai. Kaca (biasanya dalam bentuk botol) digunakan karena lebih kokoh, kedap udara, higienis, tahan lama, dan bisa didaur ulang tetapi kekurangannya adalah terlalu berat.

Ada empat bahan baku utama dalam pembuatan botol kaca yaitu pasir silika atau pasir kaca, kapur, soda as, dan biji kaca atau cullet. Bahan-bahan seperti pasir silika dan kapur tersedia di Indonesia. Sementara, soda as harus diimpor dari AS. Adapun cullet didapat dari botol bekas yang dibeli dari pemulung. Biji kaca digunakan untuk mengurangi energi dalam pembuatan kaca. 

Ketebalan botol kaca sulit diukur jika menggunakan sigmat / jangka sorong. Alat yang tepat untuk mengukur ketebalan botol kaca adalah menggunakan alat Magnetic Ball Thickness Gauge. Alat ini digunakan untuk mengukur ketebalan bahan non-magnetik seperti plastik, kaca, keramik, aluminium, titanium, tembaga, dll. Keakuratan pengukuran tidak terpengaruh oleh bentuk sampel.

Prinsip kerja alat ini adalah menggunakan prinsip Efek Hall. Pengukuran yang sederhana dan tepat diperoleh dengan menggunakan langkah-langkah berikut:

- Tempatkan bola baja di satu sisi sampel dan probe di sisi yang berlawanan.
- Pindahkan sampel, sehingga probe dan bola berada pada posisi pengujian yang diinginkan.
- Bola baja ditarik ke probe melalui magnet, secara otomatis.
- Sensor Hall Effect pada probe secara akurat mengukur jarak antara ujung probe dan bola baja.
- Pengukuran ditampilkan pada layar.

Jika anda sedang membutuhkan Magnetic Ball Thickness Gauge untuk Botol Kaca, silahkan hubungi Sales Representative kami pada kontak di bawah. Kami akan merekomendasikan alat yang cocok untuk kebutuhan di tempat anda.

CV. MEALABS INDONESIA
Jln. Pondok Kelapa Raya Blok G1 No. 3D, Kel. Pondok Kelapa,
Kec. Duren Sawit, Jakarta Timur, DKI Jakarta 13450
0823-9918-5261 (Whatsapp dan Telpon)
021-8694 1748 (Telpon)
yogo@mealabs.com

signature
Back to top
banner