Home About Us News Artikel Contact Us Chat Whatsapp Live

BAHAN RESIN BOTOL PLASTIK

Botol plastik datang dalam berbagai bahan (resin). Botol plastik yang diproduksi dari bahan HDPE adalah yang paling umum dan paling murah. Botol plastik yang dihasilkan dari bahan PET yang paling jernih. Toples plastik yang dihasilkan dari bahan PP bersifat elastis dan ekonomis. Toples plastik berbahan PS cenderung bening.

Sistem Kode Bahan Botol Plastik




Daur ulang telah dibantu oleh pembuatan Sistem Kode Bahan Botol Plastik. Sistem ini dirancang agar mudah dibaca sekilas dan dapat dibedakan dari tanda lain di bagian bawah wadah. Di mana sistem ini diterapkan, simbol-simbol ini diperlukan untuk muncul di semua botol 226 gram atau lebih besar.

Simbol terdiri dari segitiga yang dibentuk oleh tiga "panah berkejaran", dengan nomor tertentu di tengah yang menunjukkan bahan dari mana botol itu dibuat. Jumlah/setara bahan adalah:

Kode nomor kemudian dilengkapi dengan indikasi huruf umum untuk berbagai resin di bawah simbol, untuk berfungsi sebagai verifikasi konstan dari bahan yang disortir.

Botol Plastik - Polietilen Berkasitas Tinggi (HDPE)

HDPE adalah resin yang paling banyak digunakan untuk botol plastik. Bahan ini ekonomis, tahan benturan, dan memberikan penghalang kelembaban yang baik. HDPE kompatibel dengan berbagai produk termasuk asam dan kaustik tetapi tidak kompatibel dengan pelarut. Ini disediakan dalam food grade yang disetujui FDA.

Botol Plastik yang terbuat dari HDPE transparan dan fleksibel secara alami. Penambahan warna akan membuat botol HDPE buram meski tidak glossy.

Botol plastik HDPE cocok untuk dekorasi layar sutra. Meskipun botol HDPE memberikan perlindungan yang baik pada suhu di bawah titik beku, botol tersebut tidak dapat digunakan dengan produk yang diisi pada suhu lebih dari 87° C atau produk yang memerlukan segel kedap udara (vakum). HDPE TIDAK cocok untuk digunakan dengan minyak esensial.

Botol Plastik - Polietilen Berkasitas Rendah (LDPE)

LDPE mirip dengan HDPE dalam komposisi. LDPE kurang kaku dan umumnya kurang tahan kimia dibandingkan HDPE, tetapi lebih tembus cahaya. LDPE digunakan terutama untuk aplikasi pemerasan. LDPE secara signifikan lebih mahal daripada HDPE

Botol Plastik - Polietilena Tereftalat (PET)

Botol Plastik berbahan Polyethylene Terephthalate biasa digunakan untuk botol minuman berkarbonasi. PET memberikan sifat penghalang alkohol dan minyak esensial yang sangat baik, ketahanan kimia yang umumnya baik (walaupun aseton dan keton akan menyerang PET) dan tingkat ketahanan benturan dan kekuatan tarik yang tinggi. Proses orientasi berfungsi untuk meningkatkan sifat penghalang gas dan kelembaban dan kekuatan impak. Bahan ini tidak memberikan ketahanan terhadap aplikasi suhu tinggi -- maks. suhu 71° F

Botol Plastik - Polivinil Klorida (PVC)

Botol Plastik berbahan PVC bening alami, memiliki ketahanan yang sangat baik terhadap minyak, dan memiliki transmisi oksigen yang sangat rendah. Botol PVC memberikan penghalang yang sangat baik untuk sebagian besar gas dan ketahanan benturan jatuh juga sangat baik. Bahan ini tahan kimia, tetapi rentan terhadap pelarut.

Botol PVC adalah pilihan yang sangat baik untuk kemasan minyak salad, minyak mineral, dan cuka. Hal ini juga biasa digunakan untuk kemasan sampo dan produk kosmetik. PVC menunjukkan ketahanan yang buruk terhadap suhu tinggi dan akan terdistorsi pada 71° C, sehingga tidak kompatibel dengan produk yang diisi panas.

Toples Plastik - Polipropilena (PP)

Toples plastik yang terbuat dari polypropylene menyediakan kemasan kaku dengan penghalang kelembaban yang sangat baik.

Salah satu keuntungan utama polipropilena adalah stabilitasnya pada suhu tinggi, hingga 93° C. Botol dan stoples polipropilena dapat diautoklaf dan menawarkan potensi untuk sterilisasi uap. Kompatibilitas PP dengan suhu pengisian tinggi bertanggung jawab untuk penggunaannya dengan produk pengisi panas seperti sirup pancake.

Botol PP memiliki ketahanan kimia yang sangat baik, tetapi memberikan ketahanan benturan yang buruk pada suhu dingin.

Toples Plastik - Polistirena (PS)

Toples plastik yang terbuat dari styrene menawarkan kejernihan dan kekakuan yang sangat baik dengan biaya yang ekonomis. Toples ini biasanya digunakan dengan produk kering termasuk vitamin, jeli minyak bumi, dan rempah-rempah. Styrene tidak memberikan sifat penghalang yang baik, dan menunjukkan ketahanan benturan yang buruk.

Botol Plastik - HDPE yang diolah dengan Fluorin

Botol Plastik yang diproduksi dengan campuran gas fluor dan udara, atau terkena gas fluor dalam operasi sekunder, memiliki tampilan yang mirip dengan HDPE dan memiliki sifat penghalang yang luar biasa terhadap hidrokarbon dan pelarut aromatik. botol plastik hdpe yang diolah dengan fluor juga menahan penetrasi oleh oksigen dan karbon dioksida.

Botol plastik yang diolah dengan fluor sangat baik untuk digunakan dengan insektisida, bahan kimia fotografi, bahan kimia pertanian, pembersih rumah tangga, lilin, pengencer cat dan bensin.

Diterjemahkan dari : PLASTIC BOTTLE RESIN MATERIALS (ebottles.com)

signature
Back to top
banner