Home About Us News Artikel Contact Us Chat Whatsapp Live

Kertas Saring Whatman

Kertas saring adalah sebuah lembaran kertas yang digunakan untuk keperluan menyaring zat cair. Kertas saring yang digunakan oleh peneliti tidak sama dengan kertas saring yang digunakan dalam membuat kue. Dalam laboratorium kertas saring memiliki ukuran pori tertentu sehingga dengan adanya pori tersebut akan memungkinkan partikel dengan ukuran lebih kecil dari pori untuk melewatinya sedangkan partikel dengan ukuran lebih besar untuk tertinggal dan terpisah. Dengan hal tersebut maka dapat disimpulkan bahwa kertas saring berfungsi dalam memisahkan zat berdasarkan perbedaan ukuran partikelnya.

jenis kertas saring dibedakan berdasarkan nomor. Perbedaan masing masing kertas saring tersebut adalah terletak pada ukuran pori dari kertas dan pilihlah sesuai dengan kebutuhan, misalkan kita membutuhkan filtrasi dengan ukuran pori yang sangat kecil maka perlu memilih kertas saring dengan nomor yang kecil. Ukuran pori kertas saring yang umum digunakan dalam laboratorium adalah berukuran 0.45 mikrometer.

Kertas Saring Whatman

Kertas saring terbuat dari bahan tertentu yang pastinya tidak sama dengan kertas biasa. Terdapat persyaratan tertentu untuk sebuah bahan menjadi kertas saring. Bahan yang digunakan pada umumnya adalah selulosa sehingga bahan ini tidak larut ketika digunakan untuk menyaring berbagai jenis larutan.

Selulosa memang dikenal sebagai material dengan kelarutan yang sangat rendah dan kekuatan yang tinggi oleh karena itu material ini umumnya digunakan sebagai bahan kertas saring. Selain itu, selulosa dapat terdekomposisi termal secara sempurna saat pemanasan. Artinya yaitu ketika melakukan pemanasan dengan melibatkan kertas saring hingga mencapai suhu yang tinggi. Maka kertas ini akan hilang dengan sempurna karena terdekomposisi pada suhu tinggi sehingga tidak akan mempengaruhi hasil perhitungan pada uji kuantitatif.

signature
Back to top
banner