Home About Us News Artikel Contact Us Chat Whatsapp Live

Cawan Petri Dish

Cawan petri atau petri dish merupakan salah satu alat laboratorium yang berbentuk lingkaran. Alat ini sering digunakan untuk membantu meneliti mikroorganisme atau sel. Cawan petri dimanfaatkan sebagai wadah untuk menjaga sterilisasi bakteri atau virus dari spesi atau elemen yang dapat mengkontaminasinya.

Cawan petri banyak digunakan sebagai peralatan di laboratorium kimia dan laboratorium biologi. Cawan petri biasanya ditaruh di tempat ruang penyimpanan yang luas untuk mencegahnya terkontaminasi dengan spesies lain, karena digunakan untuk tempat menumbuhkan sel. Cawan petri haruslah berwarna transparan agar lebih memudahkan peneliti untuk mengamati fase pertumbuhan mikroorganisme secara jelas di dalam cawan petri tersebut. Selain itu Ukuran cawan petri juga memungkinkan untuk diamati menggunakan mikroskop secara langsung tanpa harus memindahkan sampel ke plat mikroskop.

Cawan Petri Dish


Selain untuk menumbuhkan mikroorganisme, cawan petri juga sering digunakan untuk tempat penyimpanan beberapa jenis bahan kimia. Di dalam beberapa laboratorium kimia, cawan petri juga digunakan untuk mengeringkan dan menguapkan bahan kimia. Cawan petri difungsikan untuk mengeringkan atau menguapkan bahan kimia karena dengan meletakkan bahan ke dalam cawan petri, bahan tersebut akan memiliki permukaan lebih luas. Dengan demikian, akan lebih banyak bagian yang mengalami kontak dengan udara bebas. Kondisi ini akan memudahkan dan mempercepat proses penguapan dari pelarut yang digunakan.

Pada saat digunakan untuk kultur sel, cawan petri biasanya diisi dengan medium pertumbuhan dari gel atau agar-agar dari ekstrak ganggang merah dan berbagai nutrisi. Cawan petri juga tahan panas jika dipanaskan, karena materialnya terbuat dari kaca.

signature
Back to top
banner