Home About Us News Artikel Contact Us Chat Whatsapp Live

Jenis Jenis Mikroskop Part 1

Mikroskop memiliki beberapa jenis yang disesuaikan dengan kebutuhan. Berikut ini jenis jenis Mikroskop :

1. Mikroskop cahaya adalah jenis mikroskop yang memanfaatkan cahaya sebagai sumber energi agar dapat memperbesar bayangan objek. Mikroskop cahaya menggunakan lensa untuk memusatkan cahaya pada objek yang akan diamati. Mikoroskop jenis ini biasanya digunakan untuk sekolah-sekolah. Sumber cahaya yang dimanfaatkan bisa berasal dari cahaya matahari, bisa juga berasal dari cahaya lampu. Mikroskop cahaya memiliki tiga lensa objektif dengan masing-masing pembesaran lemah (4 atau 10 kali), sedang (40 kali), kuat (100kali), dan lensa okuler pembesaran 10 kali.

Jenis Jenis Mikroskop

2. Mikroskop elektron adalah sebuah mikroskop yang mampu untuk melakukan pembesaran objek sampai 2 juta kali. Mikroskop elektron menggunakan elektro statik dan elektro magnetik untuk mengontrol pencahayaan dan tampilan gambar serta memiliki kemampuan pembesaran objek serta resolusi yang jauh lebih bagus daripada mikroskop cahaya.

3. Mikroskop stereo adalah mikroskop yang digunakan untuk observasi dengan perbesaran rendah dari sampel yang berukuran relatif besar secara tiga dimensi. Mikroskop ini juga disebut mikroskop binokuler. Cahaya yang digunakan oleh mikroskop jenis ini cahaya yang berasal dari pantulan sampel.

Link Terkait : Mikroskop 
Link Terkait : Jenis Mikroskop Part 2
Link Terkait : Mikroskop Cahaya
signature
Back to top
banner