Home About Us News Artikel Contact Us Chat Whatsapp Live

Fungsi Kolom Kromatografi

Kolom Kromatografi merupakan suatu nama yang diberikan untuk teknik pemisahan tertentu bentuknya menyerupai pipa lurus dengan kran atau tampa kran pada ujung bawah, kolom kromatografi ini terbuat dari gelas. Kromatografi adalah suatu teknik pemisahan molekul berdasarkan perbedaan pola pergerakan antara fase gerak dan fase diam untuk memisahkan komponen (berupa molekul) yang berada pada larutan. Atau kromatografi adalah proses melewatkan sampel melalui suatu kolom, perbedaan kemampuan absorpsi terhadap zat-zat yang sangat mirip mempengaruhi resolusi zat terlarut dan menghasilkan apa yang di sebut kromatogram.
 
Fungsi Kolom Kromatografi

Pada dasarnya, semua kromatografi menggunakan dua fase yaitu satu fase tetap (stationary) dan yang lain fase bergerak (mobile). Pemisahan-pemisahan tergantung pada gerakan relative dari dua fase ini. Cara-cara kromatografi dapat digolongkan sesuai dengan sifat-sifat fase tetap, yang dapat berupa zat padat atau zat cair. 
 
Jika fase tetap berupa zat padat maka cara tersebut dikenal sebagai kromatografi serapan, jika zat cair dikenal sebagai kromatografi partisi. Karena fase bergerak dapat berupa zat cair atau gas maka semua ada empat system kromatografi. Prinsip pemisahan kromatografi yaitu adanya distribusi komponen-komponen dalam fasa diam dan fasa gerak berdasarkan perbedaan sifat fisik komponen yang akan dipisahkan.

Artikel Terkait : Kuvet Spektro
Artikel Terkait : Fungsi Botol Pipet, Dropping Bottle
Artikel Terkait : Desikator
Artikel Terkait : Tabung Reakasi
signature
Back to top
banner