Home About Us News Artikel Contact Us Chat Whatsapp Live

Fungsi Oven Laboratorium

Oven laboratorium adalah salah satu alat laboratorium yang memiliki fungsi cukup penting, fungsi Oven laboratorium ini untuk memanaskan atau juga bisa mengeringkan alat-alat laboratorium dan objek-objek lainnya. Memmert adalah salah satu produsen oven yang sudah terkenal termasuk di Indonesia.

Umumnya pemakaian digunakan untuk mengeringkan gelas laboratorium, zat-zat kimia dan pelarut organik dan dapat juga digunakan untuk mengukur kadar air. Suhu oven lebih rendah dibandingkan dengan suhu tanur yaitu berkisar antara 105ºC.

Fungsi Oven Laboratorium

Tidak semua gelas laboratorium dapat dikeringkan menggunakan oven, hanya beberapa gelas dengan spesifikasi tertentu yang dapat dikeringkan, yaitu gelas dengan ketelitian rendah. Sedangkan bagi gelas dengan ketelitian yang tinggi tidak dapat dikeringkan dengan oven. Jika alat gelas dengan ketelitian tinggi tersebut dikeringkan ke dalam oven, maka alat gelas tersebut akan memuai dan berakibat rusak atau ketelitiannya tidak lagi akurat. Biasanya alat gelas yang memiliki ketelitian tinggi menggunakan desikator untuk mengeringkannya.

Link Terkait : Jenis Jenis Shaker Labotatorium
Link Terkait : Orbital Shaker
Link Terkait : Mesin Ayakan Laboratorium

signature
Back to top
banner