Home About Us News Artikel Contact Us Chat Whatsapp Live

Jenis Jenis Pipet Laboratorium

Pada artikel sebelumnya kami sudah menjelaskan "apa itu pipet ?" Jika Anda ingin tau silahkan klik disini. Perlu anda ketahui proses pemindahan pipet perlu waktu yang lama, karena pipet memiliki volume kecil yaitu maksimal hingga 5 ml. Seiring berkembanganya zaman pipet dibuat dalam berbagai jenis ukuran dan skala. Berikut ini adalah jenis jenis pipet laboratorium :

1. Pipet Tetes
Pipet tetes adalah jenis pipet yang terbuat dari kaca atau plastik dengan ujung bawah meruncing dan pada bagian atasnya ditutupi karet. Pipet tetes berfungsi untuk mengambil/ memindahkan cairan dalam jumlah yang sangat sedikit yaitu setetes demi setetes.

2. Pipet Ukur
Pipet ukur adalah alat gelas laboratorium yang berbentuk silinder panjang dengan ujung bawah lancip seperti pensil. Pipet ukur berfungsi untuk memindahkan larutan atau zat kimia cair dari suatu wadah ke wadah yang lain. Untuk mengambil larutan/cairan harus menggunakan alat bantu yang disebut dengan pipet filler atau ball pipet.

3. Pipet Volume
Pipet volum ini memiliki bentuk yang agak berbeda denga pipet yang lainnya yaitu terdapat gelembung dibagian tengahnya. Pipet volum ini memiliki ketelitian yang tinggi dibanding dengan pipet ukur. Pipet volum digunakan untuk mengambil larutan/cairan dengan pengukuran yang bersifat kuantitatif.

Jenis Jenis Pipet Laboratorium 

4. Pipet Buret
Pipet buret berfungsi untuk mengukur volume cairan hasil titrasi.

5. Mikropipet
Sama seperti dengan fungsi pipet ukur atau pipet volum , fungsi mikropipet ini adalah untuk memindahkan larutan atau cairan dari satu tempat ke tempat yang lainnya, tetapi untuk volume yang sangat kecil yaitu < 1 ml. 
Jenis Jenis Pipet Laboratorium
Artikel Lain : Gelas Ukur Kimia
Artikel Lain : Gelas Piala
Artikel Lain : Labu Erlenmeyer
Artikel Lain : Labu Ukur Volumetrik
Artikel Lain : Pipet Laboratorium

signature
Back to top
banner