Home About Us News Artikel Contact Us Chat Whatsapp Live

Alat Pelindung Diri Untuk Laboratorium

Laboratorium merupakan tempat kerja yang memiliki potensi bahaya, karena di laboratorium tersimpan banyak zat zat kimia yang dapat menimbulkan ledakan ataupun reaksi panas dari peralatan yang digunakan. Oleh karena itu pekerja di laboratorium (peneliti) harus dilengkapi dengan alat pelindung diri untuk laboratorium. Berikut ini alat pelindung diri yaitu :

1. Jas Laboratorium 
Jas laboratorium (lab coat) berfungsi melindungi badan dari percikan bahan kimia berbahaya. Jenisnya ada dua yaitu jas lab sekali pakai dan jas lab berkali-kali pakai. Jas lab sekali pakai umumnya digunakan di laboratorium bilogi dan hewan, sementara jas lab berkali-kali pakai digunakan di laboratorium industri dan laboratorium pendidikan.

2. Kacamata Laboratorium
Kacamata diperlukan di laboratorium untuk melindungi mata dari percikan larutan kimia atau panas yang dapat membahayakan mata. Oleh karena itu, peneliti harus menggunakan kacamata khusus yang tahan terhadap potensi bahaya kimia dan panas. Kaca mata tersebut ada 2 jenis, yaitu clear safety glasses dan clear safety goggles.

3. Sepatu Laboratorium
Sepatu yang digunakan di laboratorium bukanlah sepatu  seperti digunakan sehari-hari. Sepatu untuk laboratorium dapat melindungi bahan bahan kimia panas dan tahan dari tekanan tertentu. Selain itu, terkadang disediakan juga plastik alas sepatu untuk menjaga kebersihan laboratorium jika sepatu tersebut digunakan untuk keluar dari laboratorium.

Alat Pelindung Diri UntukLaboratorium

4. Pelindung Muka
Pelindung muka digunakan untuk melindungi dari panas, api dan percikan material panas. Pelindung muka biasa digunakan untuk mengambil peralatan yang dipanaskan dengan autocalve.

5. Masker Laboratorium
Maker digunakan di laboratorium untuk mmelindungi hidung menghirup bau bau yang menggangu (menyengat) dari reaksi kimia yang terjadi di laboratorium.

6. Sarung Tangan
Sarung tangan digunakan untuk melindungi tangan dari ceceran larutan kimia yang bisa menyebabkan kulit gatal bahkan bisa menyebabkan kulit tangan melepuh.

signature
Back to top
banner